Jln.Jendral Sudirman, Lima kaum

Tanah Datar, Sumatera Barat 27213

+62 812-6882-3584

24/7 Customer Support

Senin - Sabtu: 07.00 - 15:30

Jam Buka Sekolah

Di Sepertiga Malam

Oleh : Nurul Sakinah ( X Keagamaan 1)

     “Duaaaaarrr!!!!!”aku kaget tengah malam ada suara yang terdengar dari Luar!!!!Aku langsung terbangun dari tidurku.Aku penasaran apa yang terjadi diluar.Kemudian aku mengintipnya dijendela “Tidak ada apa-apa”gumamku dalam hati.Kemudian aku membalikkan badanku dan ternyata itu cuma kucing,dia menjatuhkan gelas yang ada di meja belajarku,hehehe.Aku kemudian langsung sholat tahajjud,setelah itu aku lanjut tertidur.

        “Adaam…..Adaaam….Adaaam….”teriak ibu diluar kamar membangunkanku untuk sholat subuh.“Iyaa Bu,iyaa udah bangun kok bu” ujarku sambil mengusap-usap mataku.Kemudian aku pergi berwudhu dan sholat subuh,dan setelahnya aku membaca Al-Qur’an,kemudian aku bersiap-siap kesekolah,karena hari ini adalah MPLS siswa baru di SMA tempatku sekolah, kebetulan aku kelas 12 dan menjadi ketua OSIS disana.

          “Bu, Adam berangkat ke sekolah dulu yaaa bu,”ujarku dan menyalami ibu.“Eh,kamu ga makan dulu????”tanya ibu padaku. “gak usah bu,Adam udah mau telat nihh bu,soalnya sekarang disekolah Adam ada acara bu,”sambungku kepada ibu.“Yaudah iya,jangan lupa yaa ntar beli makanan yang mengenyangkan!”ujar ibu kepadaku.“iya bu,Adam berangkat dulu yaa bu? Assalamu’alaikum.”ucapku kepada ibu.“Wa’alaikumussalam.”Jawab ibu

         Aku menaiki mogeku dan pergi ke sekolah.Dijalan aku melihat seorang perempuan jalan kaki,dan dia terlihat sangat pucat.Lalu akupun menghampirinya. “Maaf,kamu kenapa yaa??kok kelihatannya pucat gitu?”ujarku kepadanya.“Gak apa-apa kok kak,cuma kecapean ajaaa kak,yaudah aku lanjut yaa kak.”katanya padaku.“Eh tunggu,kamu sekolah dimana??” tanyaku pada perempuan itu.“umm aku sekolah di SMA 1 Harapan Bangsa kak!” jawabnya.“wahh,kita samaan kok,kamu murid baru ya kan??yaudah sama saya aja pergi nya,kan kita satu sekolahan?” tawarku padanya.“gpp kak?”

“iyaa gpp.” kamipun sama-sama ke sekolah.

      Sesampainya disekolah Sesampainya di sekolah murid-murid melihatku. Sebelumnya aku tidak pernah boncengan sama perempuan Ya tadi kan terpaksa karena dia kecapean.“Ciiieeee….Cieeee….Siaaaapa tuh Damm???”Ujar Andri Teman ku.“eh bukan siapa-siapa kok,ini cuma adik kelas baru kita ya kan dek?????Tanyaku kepada perempuan itu.“eeh iyaa kak,yaudah kak Qila masuk kelas dulu yaa kak?Terimakasih kak.”Perempuan itu mengatakannya dengan Malu-malu “iyaa..iyaa.. sama-sama Qila”ucapku tersenyum.

      “eh Dam menurutku Qila cantik juga loh imut lagi!”Teman-temanku sepertinya meyakinkan aku buat Dekat sama Qila.“iya..iya.. semua perempuan itu cantik kok!Eh ya udah gak usah bahas ini,kita kedalam yuk,rekan-rekan OSIS yang lain kayanya dah pada kumpul tuh”aku merangkul teman-teman ku,dan berjalan menuju ruang Matsama.Acaranya pun dimulai,dan saat itu Aku yang maju kedepan untuk membuka acaranya.

        “Assalamualaikum adek-adek apa kabar nih????hari ini kakak mau perkenalkan diri,Nama kakak Muhammad Adam bisa kalian Panggil Kak Adam ya…. Kakak sekarang sudah kelas 12 dan menjabat menjadi OSIS sebagai ketua umum sekian terima kasih”Seru ku didepan ruang Matsama.“Oh jadi nama kakak itu Kak Adam ya???baru tahu aku hehehe.”Ucapku dengan suara lirih(Aku disini adalah Qila).“Eh Qilaa kamu kenal sama Kak Adam????”Ujar temanku Masya.“Hmmm,Iya,tadi pagi aku bareng sama dia ke sekolah”jawabku cuek,wong orang ga peduli,hehe.“haaa????? Yang bener aja kamu Qil Setahu aku sih Kak Adam itu orangnya cuek banget loh sama perempuan terus dingin banget lagi,aku aja ngasi laporan kelas kita diaa diem ajaa tadi”ucap Masya sangat kaget dan tidak percaya.

     Mpls untuk hari ini pun telah selesai, semua murid-murid telah pulang termasuk kakak-kakak OSIS. Aku pun segera pulang ke rumah. Di rumah aku selalu kepikiran dengan Kak Adam dia orang yang baik tapi aku hanya sekedar mengagumi nya karena dia baik aku merasa berutang Budi kepada Nya,(Aku disini masih tetap Qila)“ aku heran,Padahal baru tadi pagi ketemu sama Kak Adam,kok mikirin dia Mulu sih sekarang, astaughfirullahal’adzim,Qilaaa…jangaan… jangaan”hari ini aku merasa pikiran dan hatiku berkelahi,entah apa yang terjadi padaku hari ini.

(Aku diperankan Adam kembali)

        “Assalamu’alaikum Bu…aku pulang”Aku langsung masuk rumah dan bersalaman dengan ibu,ibu yang saat itu lagi membaca buku.“iyaa,Nak wa’alaikumussalam,gimana tadi adek-adeknya?”

“Alhamdulillah mereka baik-baik kok bu”

“Ada yang cantik-cantik gak??”ibu bertanya seakan mengejekku,yaa ibu memang suka begitu,karena dari dulu aku belum pernah pacaran.

“iibuuuu…apaa sihh buuu,yaudah aku ke kamar dulu yaa bu?mau sholat dulu”

“iyaa,iyaaa…”

        Sesampainya di kamar,aku mengganti baju dan akupun makan siang.Tapi kok rasanya beda gini yaa???aku selalu kepikiran sama Qila,aku merasa tidak yakin,masa aku jatuh cinta padanya? Astaghfirullahal’adzim,hehe.pikiranku selalu dihadirkan dengan suara lembut dan senyuman Qila.Malam ini aku terbangun dalam tidurku untuk menunaikan sholat tahajjud,aku merasa ingin mendo’akan seseorang tapi orang ini siapa.aku hanya berdo’a“Yaallah jodohkanlah aku dengan orang yang terbaik menurutmu dan aku Yaallah”.

Malam ini aku tetap tidak bisa tertidur,Karna bayang-bayang Qila selalu menghampiriku.Hari-hari wajah Qila selalu membayang-bayang dipikiranku,aku tidak tau kenapa,aku juga takut untuk berkomunikasi dengan dia.

      “Bu,aku berangkat dulu yaa bu, Assalamualaikum Ibu” aku bersalaman dan memeluk ibu

“iya,Nak wa’alaikumussalam,hati-hati yaa”

Aku pergi kesekolah dengan sangat gembira berbeda dengan hari-hari biasanya.Aku sampai disekolah dan memasuki gerbang sekolah,dan aku memarkirkan motorku.Diparkiran aku melihat Qila dan temanku,Reno.Aku merasa sakit hati dan ingin marah,apa mungkin aku Cemburu???.

“Kriiiiingg…Kriiiiing….”Lonceng sekolah pun telah berbunyi.Sekarang kami tidak disuruh masuk kelas, tapi berkumpul di lapangan sekolah,dan mengumumkan,bahwa sekarang guru-guru rapat dan kami diperbolehkan untuk pulang.Aku segera menghampiri Qila dan ingin berbicara dengannya.

“Qilaaaaa…..Tunggu sebentarn….ada yang ingin saya bicarakan dengan kamu”ucapku gugup dan keringat dingin, yaa maklum,baru pertama kali jatuh cinta,hehe.

“I..i..yaa kak???Ada apa kak??!?” dia menjawabnya sangat gugup.

“sejak awal bertemu aku merasakan ada yang beda pada diriku,setiap hari aku selalu memikirkanmu,setiap saat aku selalu mendoakanmu di Sepertiga Malamku,Qila aku suka sama kamu,aku mau kamu jadi pendamping Kakak besoknya” aku gugup sekali,ditambah aku sangat takut ditolak

“Kakak,waktu masih panjang,aku juga mau sekolah dan aku juga ingin membahagiakan papa sama Mama aku kak, sebenernya Qila juga suka sama kakak” aku lihat dari raut wajah Qila dia merasa tidak sanggup untuk menyampaikan perkataannya itu.

“Iya Qila kakak tahu sebentar lagi kakak akan tamat dari sekolah ini dan kakak akan sekolah di luar negeri,tapi setelah Kakak berhasil dan menjadi seorang dokter nantinya,Kakak akan segera melamar Qila.”

“Diluar sana banyak orang yang lebih dari Qila kak,Qila juga ga yakin apa yang kakk katakan,akan kakak wujudkan besoknya.”

“Qila,Kamu percaya sama kakak ya!!!pegang kata-kata kakak yaaa????kakk InsyaaAllah bakal nepatin janji kkaak,yang penting kita sama-sama Berdo’a yaa sama Allah SWT”

Beberapa bulan kemudian..

     Alhamdulillah aku lulus dengan hasil yang memuaskan,dan aku adalah salah satu siswa Terbaik yang lulus tahun ini,dan juga mendapat beasiswa keluar negeri,aku senang sekali.

“waah…Adam selamat yaaa Dam”Ujar sahabatku Angga.

“Makasih bro.”

Aku segera menghampiri Qila ditaman,Qila duduk sendirian dan menangis disana.

“Qila???kamu kenapa nangis???kamu kenapa??”

“Gak kok kak aku ga kenapa-napa kak.”

‘‘kamu jujur cerita sama kakak.”

“Qilaa sedih ajaa kak,kan kita baru kenal kok kakak dah pergi aja” Qila menangis tanpa melihatku,iya,dia tidak pernah menatapku,hehe.

“Duhhh, jangan sedih dong,gemes tau kalo kamu manyun-manyun gitu”

“ihhh kakkak,aku serius kak.”

“Iyaa Qila,waktu 5 tahun atau 6 tahun gak lama kok Qila, tunggu kakka disini yaa kalau kakak besok pulang”

“kakak perginya kapan kak?”

“kakak akan pergi lusa”

Seketika itu tangis Qila pecah dan tidak bisa

ditahan,dunia terasa gelap ingin rasanya berteriak sekencang-kencangnya,tapi semua itu tidak akan membuat Adam tetap kuliah di Indonesia.

Lusa…

  Kami bertemu ditaman kembali,dan mengucapkan perpisahan.

“Qilaa…kakak pamit pergi dulu yaa..kamu disini jaga diri baik-baik,terus rajin-rajin belajar yaa,ntaar katanya mau jadi apoteker yaa kan??!semangat ya,Qila.”

“Iyaa kak,Kaka juga yaa semangat kuliahnya,biar cepet jadi dokter,terus jangan lupain aku,ntar ada yang lebih cantik dari pada Qila lagi”

“Hehe..iyaa…iyaaa Qilaa,ga kakak lupain kok manyun, kan kamu calon istri kakak,hehe.Yaudah  kakak berangkat dulu yaa..Assalamu’alaikum Qilaa”

“Iyaa kak, hati-hati yaa kak, wa’alaikumussalam kak”semua tawa berubah menjadi tangis, Qila hanya bisa mengenang tempat itu sampai waktunya tiba.

Beberapa tahun kemudian

   Aku telah menyelesaikan kuliahku dan kini aku telah menjadi seorang dokter,sekarang aku akan ketaman tempat yang pernah lu janjikan jika aku pulang dan menemui Qila.

“Qilaa..”Aku menyapanya dengan mata memancarkan kebahagiaan,6 tahun tidak bertemu dengan seseorang yang dicintai.

“Kakak,gimana kabarnya kak?aku sangat merindukanmu,aku tidak bisa menghubungimu selama 5 tahun ini kak.”

“Maafkan kakak,Qila,kakak selalu berkomunikasi lewat do’a dan nada-nada rindu kakak di Sepertiga malam,sekarang kakak mau penuhin janji kakak,tapi sebelumnya kamu udah selesaikan,kuliahnya?”

“Alhamdulillah sudah kak,dan aku telah menjadi apoteker kak”

“Alhamdulillah.. Sekarang, kamu mau jadi istri kakak?

“iya kak aku mau kak”Adampun memakaikan cincin lamaran itu ke jari manis Qila.

       Dan seminggu kemudian mereka telah melaksanakan pernikahan dan mereka sekarang telah halal.

“Selamat yaa,Nak semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah”ibu mengucapkan itu dengan penuh haru dan bahagia.

“Dulu kakak yakin bahwa jodoh ditangan Allah,dan sekarang,kamulah yang ditakdirkan Allah untuk kakak”Aku mengelus kepala istriku dan wajahnya sangat lembut dan tenang.

“Ana UhibbukaFillah Zaujii” ucap istriku kepadaku :’)

Biodata Penulis

    Nama saya Nurul Sakinah,dan nama pena saya adalah Inah. Saya lahir pada 28 September 2004 di Balai Tangah, Sumatera Barat. Cita-cita saya ingin menjadi dosen dan seorang penulis. Saya Mempunyai hobi Menulis, belajar, menyanyi, menari,dll. Saya sekarang sekolah di MAN 2 Tanah Datar dan mengambil jurusan Keaagaman.

Terimakasih….

Nurul Sakinah

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Postingan Terkait

Sejarah Singkat MAN 2 Tanah Datar

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanah Datar terletak di kenagarian Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar atau berjarak kira-kira 2 km sebelah utara

Whatsapp
Tanya madrasah?
MAN 2 TANAH DATAR
Selamat datang di MAN 2 TANAH DATAR
ada yang bisa kami bantu??