Jln.Jendral Sudirman, Lima kaum

Tanah Datar, Sumatera Barat 27213

+62 812-6882-3584

24/7 Customer Support

Senin - Sabtu: 07.00 - 15:30

Jam Buka Sekolah

GELORA LITERASI DI TENGAH PANDEMI

Pandemi masih belum berakhir, namun salah seorang staf pengajar MAN 2 Tanah Datar yang saat ini sedang mendalami dunia menulis, Pesma Diana, mencoba tetap mengobarkan semangat literasi meskipun dalam kondisi yang serba terbatas seperti saat ini.

Pertengahan tahun ini Pesma telah merilis buku solo keduanya yang berjudul “Cara Ampuh Atasi Galaumu.” Buku ini lahir dari kekhawatiran dan keinginannya untuk mendampingi para remaja dalam melewati masa pancaroba. Di masa labilnya, dimana mereka tengah mencari jati diri, para remaja seringkali dihadapkan pada keadaan yang menimbulkan kegalauan dan berbagai pertanyaan, baik tentang dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Tentu saja semua itu membutuhkan jawaban dari orang yang tepat, baik orang tua maupun guru.

Namun, tidak semua remaja memiliki kondisi yang memungkinkan mendapatkan informasi dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya sifat mereka yang cenderung tertutup sehingga baik orang tua maupun guru tidak bisa memantau permasalahan dan kegalauan yang tengah mereka rasakan, atau kurangnya  kesempatan bagi orang tua dalam membimbing mereka karena kesibukan mencari nafkah serta bisa juga karena kurangnya bimbingan dari guru disebabkan  pembelajaran yang tidak dilaksanakan secarta tatap muka sehingga guru tidak bisa memantau secara langsung kondisi masing-masing siswa. Oleh karena itu, melalui buku ini, Pesma berharap dapat menjadi salah satu referensi bagi para remaja dalam membimbing dan mencari solusi atas kegalaun yang mereka rasakan.

Bersamaan dengan itu, Pesma juga merilis sebuah buku antologi yang berjudul “Pesan Cinta Untuk Allah.”. Buku ini berisi kumpulan kisah nyata dari para penulisnya tentang momen bulan suci Ramadhan yang menjadi titik tolak untuk bangkit dari keterpurukan yang membelenggu.

Sebelumnya, Pesma juga sudah merilis buku solo pertamanya pada akhir tahun 2019 yang lalu dengan judul “Bu Guru, Dengarkan Curhatku.” Selain buku solo, Pesma juga telah menulis tiga buku antologi lainnya bersama beberapa kominutas menulis, diantaranya “Secawan Rindu dari Masa Lalu, 33 Hikayat Merindu, serta Kala Sang Pandemi Covid Melanda Negeri.” Semua karya Pesma ini sudah tersedia di perpustakaan MAN 2 Tanah Datar.

Pesma berharap dengan bertambahnya koleksi di perpustakaan MAN 2 Tanah Datar, akan semakin meningkatkan semangat literasi para siswa. Dan semoga dengan artikel ini, akan semakin banyak juga warga madrasah, khususnya para siswa yang tertarik untuk terjun dalam dunia menulis.(Yurnalis/Pesma)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Postingan Terkait

Sejarah Singkat MAN 2 Tanah Datar

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanah Datar terletak di kenagarian Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar atau berjarak kira-kira 2 km sebelah utara

Whatsapp
Tanya madrasah?
MAN 2 TANAH DATAR
Selamat datang di MAN 2 TANAH DATAR
ada yang bisa kami bantu??